habitat asli hewan komodo

Keindahan pantai Pulau komodo

Sebagai kawasan Taman Nasional yang dilindungi, mengikuti paket wisata Pulau Komodo adalah sebuah hal yang sangat menyenangkan bagi traveler. Apalagi destinasi yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat ini menyimpan aneka macam destinasi alam dengan panorama alam yang begitu menakjubkan, sehingga sangat terkenal di kalangan traveler dalam dan luar negeri.

Habitat Asli Hewan Komodo

Sesuai dengan namanya, Pulau Komodo adalah habitat asli dari hewan langka Komodo, yaitu berupa kadal raksasa yang berasal dari zaman purba dan menjadi hewan pemakan daging atau karnivora. Di pulau ini wisatawan dapat menjumpai hewan buas tersebut dengan jumlah lebih dari 2.000 ekor dan semua hidup bebas secara liar dialamnya.

Jika sedang beruntung, wisatawan dapat pulau menyaksikan komodo yang sedang mengincar atau memakan mangsanya. Jenis hewan yang paling sering dijadikan makanan atau dimangsa komodo adalah kuda, rusa, bagi, beruk, kerbau dan musang. Hal ini tidak mengherakan sebab ukuran komodo sendiri dapat mencapai lebih dari 3 meter dan memiliki gigi serta kuku yang sangat tajam.

Kegiatan yang dapat Dilakukan di Pulau Komodo

Saat mengunjungi pulau Komodo wisatawan tidak hanya bisa menyaksikan kehidupan hewan tersebut. Masih banyak kegiatan lain yang dapat dilakukan di kawasan cagar alam ini. Salah satunya adalah jalan-jalan atau trekking sambil menyaksikan kehidupan hewan lain misalnya aneka jenis spesies burung, biawak, ular, kuda, rusa dan sebagainya.

 

Mendaki ke puncak gunung Ara juga bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan saat mengikuti paket wisata pulau Komodo dan sekitarnya. Bagi yang tidak dapat mendaki tidak perlu khawatir karena gunung ini hanya setinggi 538 mdpl saja. Saat menuju puncaknya akan menjumpai Water Hole yang sering dipakai oleh hewan komodo untuk minum dan istirahat.

Bukan itu saja, pulau Komodo juga masih memiliki potensi alam lain berupa pantai indah dan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Alam bawah laut yang ada di pantai ini sangat unik dan menyimpan sekitar 386 macam terumbu karang. Selain itu juga ada rumput laut yang jadi tempat tinggal berbagai jenis hewan laut seperti hiu, paus, penyu hijau dan sebagainya.

Salah satu spot terbaik untuk menyusuri alam bawah laut pulau Komodo adalah Batu Samsia. Di titik ini wisatawan bisa berinteraksi bersama hewan kura-kura atau hiu dan beberapa jenis ikan kecil. Kemudian ada Toko Toko dengan kedalaman sekitar 7 meter, dimana aneka jenis terumbu karang bisa dinikmati keindahannya secara lebih lengkap.

Crystal Rock juga jadi spot paling favorit karena ukuran dasarnya tidak terlalu dalam, hanya sekitar 5 meter saja. Di sinilah wisawatan bisa menjumpai satwa laut yang sangat cantik yaitu  katak ikan, parrot fish dan barramundi cod.

One Response to "Paket Wisata Pulau Komodo Paling Tersohor dan Sangat Diminati Traveler"

  1. Amalia  July 24, 2018

    wah itinerary nya menarik!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.