wisata papua

wisata papua

Dengan mengikuti paket wisata ke Papua, dijamin setiap traveler bisa mendapat pengalaman menarik yang sangat sulit dilupakan. Kawasan ini mempunyai potensi budaya dan keindahan alam yang begitu berlimpah. Karena itu banyak penggemar kegiatan traveling yang memiliki cita-cita untuk berlibur di Papua.

Tetapi sebelum berangkat ke destinasi yang berada di bagian paling timur Indonesia tersebut, ada beberapa tips dan saran yang perlu diperhatikan. Kondisi alamnya yang sangat bervariasi, sistem transportasi yang masih sulit hingga perbedaan budaya merupakan urusan yang harus mendapat perhatian serius.

Mengenal Kondisi Destinasi

Di Papua, antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain kadangkala mempunyai kondisi alam sangat berbeda. Misalnya ketika tujuannya adalah Wamena, sebagian besar kawasannya berbentuk lembah dan dataran tinggi. Kondisi ini tentu perlu persiapan yang juga berbeda jika ingin berwisata ke pantai misalnya Raja Ampat.

Setelah mengenal secara lengkap tentang kondisi daerah atau obyek wisata yang akan dituju, maka traveler jadi lebih mudah menyiapkan diri. Terutama hal-hal yang berhubungan dengan bekal pakaian dan perlengkapan lainnya.

Membuat Perencanaan yang Baik

Bagi traveler yang sebelumnya tidak pernah berpergian jauh, disarankan memilih obyek yang jaraknya lebih dekat. Tujuan utamanya adalah untuk memperkecil ongkos transportasi. Agar biaya transportasi ini dapat dihemat, pesan tiket penerbangan secara lebih awal. Selain itu, untuk lebih mudah dan lebih murah traveler juga bisa mengikuti paket wisata, dengan begitu akan mendapatkan pemandu berpengalaman dan mengerti tempat wisata mana yang dapat dikunjungi.

Meski saat ini pemerintah sedang giat-giatnya membangun jalan baru di kawasan Papua, tapi masih banyak daerah lain yang hanya dapat diakses melalui jalur udara saja. Selain itu meski sudah ada yang bisa dilalui dengan kendaraan mobil, harga sewanya juga mahal.

Komunikasi dan Interaksi dengan Penduduk Lokal

Tips selanjutnya agar kegiatan paket wisata di Papua dapat semakin menyenangkan adalah rajin berkomunikasi dan berinteraksi dengan penduduk setempat. Selain bisa mendapat teman baru, mereka akan menjadi sumber informasi paling akurat untuk mengetahui kondisi obyek yang dikunjungi.

Misalnya alat transportasinya, tempat penginapan serta belanja yang murah dan sebagainya. Bahkan mereka juga mampu menjadi penunjuk jalan yang baik jika sedang berada di daerah pedalaman.

Berani Membuka Diri

Masih terkait dengan urusan komunikasi dan interaksi, harus dipahami jika adat istiadat dan budaya yang ada di Papua punya beberapa perbedaan dengan daerah lain di Indonesia. Oleh sebagian traveler, kondisi ini bisa memunculkan semacam kejutan atau culture shock.

Tapi jika mau membuka diri, tentu hal ini justru akan menjadi sebuah pengalaman indah dan masyarakat di sana dengan senang hati menerima kunjungan para traveler. Selain itu dengan membuka diri, akan terbuka kesempatan untuk belajar tentang kearifan lokal di daerah timur Indonesia tersebut.

Bekal Makanan

Sebelum ikut paket wisata Papua, alangkah baiknya menyiapkan bekal makanan lebih dari cukup. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila mulut dan perut tidak cocok dengan makanan asli Papua. Saat ini memang sudah banyak swalayan yang beroperasi di Papua, tapi sebagian besar hanya buka di kota-kota besar saja.

Mempersiapkan Kebutuhan Pribadi

Saat berwisata ke Papua, sebaiknya bawalah keperluan pribadi seperlunya saja, pertimbangkan dengan cermat barang-barang yang akan dibawa dengan lamanya waktu berwisata di sana.

Papua masih dibayangi penyakit Malaria, ada baiknya jika mempersiapkan diri dengan obat anti malaria ketika berada disana. Apabila memiliki kebutuhan khusus lainnya, bawalah dalam jumlah yang memadai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.