Mencicipi Kuliner Tradisional Paling Lezat di Jogjakarta

kuliner khas jogja

Liburan dan jalan-jalan ke Jogjakarta selalu membuat hati jadi senang. Apalagi jika kegiatan ini ditambah dengan paket wisata kuliner tradisional. Selain dikenal sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa, kota ini juga menyimpan aneka koleksi makanan khas yang sangat nikmat dan lezat untuk dicicipi.

Gudeg

Gudeg merupakan makanan tradisional paling terkenal di Jogjakarta yang dibuat dari nangka muda ditambah santan kelapa dan aneka bumbu sehingga memiliki citarasa yang manis. Hasil masakannya dapat dinikmati begitu saja atau ditambah nasi.

Masakan berwarna coklat tua ini terdiri dari tiga macam yaitu gudeg kering, gudeg basah dan gudeg manggar. Bagi traveler yang ingin memilih gudeg untuk dijadikan oleh-oleh sebaiknya memilih gudeg kering karena lebih awet dan bisa disimpan hingga beberapa hari.

Bakpia

Selain gudeg, makanan khas favorit lainnya dari Jogjakarta adalah bakpia. Makanan dengan bentuk seperti bulatan kecil dan berwarna kuning ini bersifat kering sehingga dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama. Bahan utama pembuatannya adalah tepung terigu yang diisi dengan kacang hijau, coklat, keju dan sebagainya.

Tiwul

Makanan yang satu ini merupakan masakan rakyat yang aslinya berasal dari daerah Gunung Kidul Jogjakarta. Penyajiannya hampir mirip dengan nasi goreng tapi dibuat dari bahan umbi singkong yang dilembutkan dengan cara ditumbuk. Sebelum disantap harus dicampuri dahulu dengan parutan kelapa muda sehingga rasanya makin manis.

Gatot

Sama dengan tiwul, paket wisata kuliner tradisional Jogjakarta yang satu ini juga dibuat dari umbi singkong yang dilembutkan namun berbentuk padat dan diiris kecil-kecil. Ketika masuk dalam mulut, makanan ini akan terasa kenyal namun saat lembut saat dikunyah. Selain diberi parutan kelapa, dapat ditambah dengan gula jawa cair.

Geplak

Geplak merupakan makanan khas Jogjakarta yang dibuat dari parutan kelapa muda dan diberi warna-warna mencolok seperti merah, hijau, kuning dan coklat. Bentuknya bulat mirip bakso dan memiliki citarasa yang sangat manis. Makanan ini akan terasa lebih nikmat jika dimakan bersama teh atau kopi pahit.

Yanko

Bahan utama pembuatan yanko adalah tepung beras dan berbentuk kotak-kotak kecil dengan warna coklat muda, merah muda atau hijau muda. Rasanya juga sangat kenyal dan manis saat masuk ke mulut. Biasanya kue ini sering dipilih oleh traveler sebagai oleh-oleh ketika pulang dari acara liburan di Jogjakarta.

Ampyang

Ampyang adalah makanan khas yang dibuat dari kacang tanah dan gula jawa. Bentuk dari kue ini adalah bundar dan bergeronjal pada bagian atasnya. Cita rasanya sangat istimewa karena merupakan paduan antara manis dan gurih.

Jadah Tempe

Jadah tempe merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Sleman, Yogyakarta. Makanan olahan dari ketan dengan campuran kelapa ini rasanya gurih, dimakan dengan pasangannya tempe atau tahu yang diolah dengan cara dibacem dengan rasa legi (manis). Akan lebih nikmat jika di nikmati dengan cabe rawit. Biasanya disajikan dengan bungkus daun pisang sehingga rasa makanan ini kombinasi gurih dengan manis plus rasa pedas cabe rawit.

Brongkos

Brongkos merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari bahan dasar tempe, kacang tolo, tahu, yang dipadukan dengan kuah santan dan kaldu yang terbuat dari daging segar. Brongkos memiliki cita rasa yang manis, pedas dan gurih berpadu dengan apik menghasilkan rasa yang sangat lezat.

Cenil

Makanan khas lainnya yang tidak kalah nikmat untuk dicicipi adalah cenil yang terbuat dari tepung sagu dan dikasih parutan kelapa muda. Makanan ini memiliki rasa manis dan bertekstur kenyal serta agak lengket, warnanya pun beraneka ragam dalam satu porsinya sehingga terlihat menarik. Jajanan ini dapat dibeli dengan harga murah di pasar-pasar tradisional dan disajikan dalam piring atau dibungkus dengan daun pisang.

Itulah beberapa paket wisata kuliner paling terkenal di Jogjakarta yang pantas dicoba serta dinikmati kelezatannya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.