Serunya Menelusuri Arus Deras

Tampak menyeramkan saat melihat di atas aliran sungai yang deras dan berbatu-batu besar. Beberapa orang yang sudah basah kuyup oleh kesejukan, terombang ambing dan terhempas kian kemari di atas perahu karetnya. Sesekali terdengar teriakan keras dan menggema. Menyaingi suara arus air. Teriakan berupa komando atau teriakan kegembiraan para pendayung perahu.

Ber-arung jeram atau Rafting sesungguhnya bukanlah sesuatu yang menakutkan. Justru bisa menjadi sangat mengasyikan. Itu sebabnya saat ini banyak sekali yang menawarkan paket wisata arung jeram sebagai tawaran ungulan. Puluhan situs dan website penawaran berarung jeram plus kegiatan out bound lainnya bisa kita temukan di Internet. Kita bisa mengambilnya secara paket wisata arung jeram maupun per-item kegiatan saja. Oleh sebab itu, saat menentukan atau menerima tawaran provider, sebaiknya kita mencari tahu pengalaman dan kemampuan provider itu sendiri dalam menyelenggarakan kegiatan out bound. Kelengkapan peralatan, lokasi dan instruktur menjadi perhatian utama kita untuk diketahui sebelum berkegiatan.

Standar harga cukup beragam, perpaket sekitar Rp 150.000,- sampai dengan Rp 200.000,-. Harga biasanya disesuaikan dengan fasilitas dan layanan yang disediakan. Disesuaikan pula dengan lokasi sungai sebagai arena rafting. Lokasi sungai yang terkenal dan biasa digunakan untuk kegiatan rafting dalam paket wisata arung jeram karena arusnya yang sangat cocok, seperti : sungai Citarik-Sukabumi, Cisangkuy-Bandung, Cimanuk-Garut, Cisokan-Cianjur, dan Palayangan-Pengalengan. Tapi, sebenarnya masih banyak lagi lokasi sungai yang layak menjadi tempat “mendayung” perahu karet di pulau Jawa maupun diluar-an Jawa. Indonesia tak pernah kehabisan tempat untuk berkegiatan alam.

Ada beberapa macam tawaran paket wisata arung jeram yang bisa dipilih sebagai paket kegiatan baru kita. Ada yang bersifat umum maupun khusus, diantaranya, paket Fun rafting, Full rafting, Exclussive rafting, Corporate rafting, dan yang paling seru ialah Night rafting (berarung jeram dimalam hari). Sedangkan paket untuk adventure rafting biasanya di tawarkan bagi pemain berpengalaman, dan yang pasti kita harus sudah memiliki kemampuan berenang yang baik.

Lalu bagaimana jika kita sama sekali belum pernah berarung jeram dan tak memiliki peralatannya…..? Tak perlu khawatir. Setiap provider telah menyiapkan segala hal yang diperlukan dalam kegiatan seperti ini. Mulai dari instruktur sampai peralatan pengaman. Sebelum kegiatan dimulai, kita pasti akan dibekali sedikit pengetahuan mengenai teknik dasar arung jeram. Mulai dari cara menggenggam gayung, mendayung hingga menyelamatkan diri jika tercebur kesungai. Saat menelusuri sungai, menerobos relung-relung bebatuan dan jeram-jeram yang rumit. Kita juga akan didampingi seorang pendamping yang cukup berpengalaman di setiap perahu.

Satu hal terpenting dalam kegiatan arung jeram adalah menjaga kekompakan disatu perahu dan penggunaan safety equipment standar. Bila, seluruh standar keamanan dan kerjasama tim mau kita ikuti. Setidaknya, keselamatan dan kelancaran berkegiatan akan lebih terjaga. Sehingga kegembiraan dan serunya ber-arung jeram akan bisa dirasakan lalu menjadi kenangan tak terlupakan. Silahkan coba tantangannya.

Apabila ingin mengikuti paket wisata arung jeram sebaiknya memilih Touareg Adventure Services untuk teman perjalanan yang akan memberikan kesan yang indah. Penyelenggara tour ini selalu siap dengan paket wisata arung jeram dengan harga terjangkau pastinya. Untuk lebih jelasnya bisa langsung bertanya ke kantornya di Gedung Nissi Bintaro Lantai Dasar Jl. Tegal Rotan Raya No.78, Sawah Baru, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413 atau melalui saluran telepon 08158913334 dan email : info@touaregadventure.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.