Lombok merupakan suatu pulau yang menjadi bagian dari provinsi Nusa Tenggara Barat dan sangat terkenal sebagai daerah tujuan wisata Indonesia setelah Bali. Banyak sekali obyek atau destinasi wisata yang ditawarkan dalam paket wisata Lombok ini, terutama Gunung Rinjani yang ketinggiannya mencapai sektiar 3.726 mdpl.

Pantai Senggigi

Bagi traveler yang tidak bisa mendaki, masih banyak pilihan menarik yang dapat dikunjungi dan salah satunya yaitu pantai Senggigi. Pada malam hari suasana di daerah ini hampir mirip dengan kawasan Legian yang ada di Bali. Pantainya sendiri punya garis yang sangat panjang dan akan terlihat lebih indah jika dipandang dari atas perbukitan yang ada di pantai tersebut.

Warna pasir pantai Sengigi merupakan gradasi antara hitam dan putih, sehingga mempunyai panorama yang sangat unik. Selain itu ombaknyatidak terlalu besar dan airnya sangat jernih. Jadi sangat cocok untuk bermain atau sekedar jalan-jalan terutama pada sore hari.\

Pantai Selong Belanak

Pantai berikutnya yang ada di Lombok dan memiliki panorama alam yang tidak kalah dasyat dengan Senggigi adalah pantai Selong Belanak. Pantai yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah ini merupakan pantai pasir putih yang dikelilingi oleh perbukitan. Suasananya terasa lebih sunyi dibanding Senggigi sehingga sangat cocok untuk traveler yang suka ketenangan.

Gunung Rinjani

Sebagaimana yang dijelaskan di atas, paket wisata Lombok paling terkenal adalah Gunung Rinjani. Saat ini kawasan tersebut telah ditetapkan sebagai Taman Nasional dan didalamnya terdapat aneka ekosistem yang terdiri dari berbagai macam tumbuhan dan satwa langka.

Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh Gunung Rinjani yaitu kawahnya yang sangat luas dan di bagian tengahnya ada suatu danau yang dinamakan danau Segara Anak. Pemandangan alamnya sangat indah dan syahdu.

Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno

Tidak jauh dari Lombok ada tiga pulau kecil yang masing-masing bernama Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Ketiganya juga menjadi destinasi paling favorit karena mempunyai keunikan yang berbeda. Di ketiga pulau tersebut, hanya bisa ditemui sepeda kayuh dan kereta kuda saja sebagai alat transportasinya.

Di luar itu, panorama alamnya juga sangat mempesona. Pasir pantainya yang berwarna putih dan airnya yang selalu tenang dan jernih sangat cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling. Apalagi biota lautnya juga sangat lengkap dan alami.

Desa Sade

Kemudian bagi pecinta wisata budaya, wajib hukumnya untuk berkunjung ke desa Sade yang berlokasi di Rambitan, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Warga desa ini adalah keturunan asli Suku Sasak yang hingga saat ini masih memegang teguh adat istiadat maupun tradisi etnik Lombok lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.