Pernah anda mengalami liburan yang tidak menyenangkan karena uang Anda hilang di tengah jalan ? atau tiba-tiba fisik Anda drop dan sakit ? jika sebelumnya Anda telah mempersiapkan dengan baik tentu hal seperti itu tidak terjadi.

Kira-kira apa saja yang harus kita siapkan dan bagaimana mengaturnya sehingga benar-benar berkesan. Berikut beberapa tips untuk memanage  liburan Anda.

Tentukan waktu dan tempat yang tepat sejak dini

Jangan terbiasa dengan hal-hal yang dilakukan secara mendadak. Selain hasilnya tidak maksimal bisa jadi liburan Anda malah berantakan. Manfaat lain jika direncanakan jauh-jauh hari, pemilihan tempat wisata juga menjadi lebih variatif. Catatan penting lainnya, tujuan wisata bergantung dengan keadaan keuangan, dengan direncanakan jauh hari sebelumnya tentu persiapan keuangan Anda akan mudah menyiapkannya.

Jaga kesehatan

Mau liburan kok sakit, tentunya hal ini jangan sampai terjadi. Sebelum Anda melakukan liburan sebaiknya kondisi fisik Anda diperhatikan. Terlebih bagi yang merencanakan berlibur di alam bebas. Jagalah kesehatan Anda dengan olahraga dan makan yang cukup, bila perlu konsultasi dengan dokter.

Hitung perkiraan budget yang dibutuhkan dan yang tersedia

Setelah menetapkan tujuan lalu hitung biayanya. Tapi jika tak ingin repot hitung menghitung, ambillah program paket wisata dari biro perjalanan wisata di kota Anda. Jika Anda memilih menyiapkan sendiri tetaplah minta informasi perkiraan biaya akomodasi, transportasi dari tempat liburan yang akan dituju. Setelah itu sesuaikan dengan budget Anda, jika ternyata kurang Anda harus bijak memutuskannya.

Pesan tiket jauh hari

Jika liburan Anda memilih transportasi pesawat terbang sebaiknya pesan tiket jauh-jauh hari, selian mendapat harga murah Anda dapat menentukan posisi tempat duduk, selain itu di musim liburan seperti ini biasanya semua flight mengalami lonjakan penumpang. Dan pastikan nama Anda harus tercantum pada manifest pemberangkatan. Yang harus dicatat, hindari pembelian tiket pada saat pemberangkatan karena beresiko Anda tidak dapat tiket, juga terhadap calo-calo yang berkeliweran. Jika menggunakan paket wisata tak perlu repot menyiapkan tiket pesawat karena biasanya biaya paket sudah termasuk tiket.

Jangan merepotkan diri dengan bekal berlebihan

Memang bekal dalam liburan sangat penting, sebab tidak mungkin berlibur tanpa perbekalan. Tapi bila membawa berlebihan tentu akan merepotkan Anda sendiri, biasanya bisa bikin kita pegal-pegal. Jangan sampai Anda terlupa membawa perbekalan yang utama, sesuiakan saja dengan lokasi dan waktu berlibur Anda. Di samping itu bawaan sedikit akan lebih memudahkan saat di bawa masuk kedalam pesawat sehingga Anda tidak perlu membayar Airport Tax.

Bawa dua tas

Ukuran tas harus berbeda karena fungsinya juga berbeda. Usahakan membawa tas ukuran kecil yang bisa selalu Anda pegang dan berhati-hatilah dengan dompet, ponsel, laptop atau barang berharga lainnya ketika Anda masuk pesawat, usahakan masukkan ke dalam tas kecil tersebut jangan taruh di bagasi pesawat. Beberapa kasus kehilangan barang penumpang si pihak maskapai tidak tahu menahu.

Siapkan peta wilayah

Oke kita bisa bertanya pada siapa saja, tapi tidak ada salahnya jika kita sudah mempersiapkannya sejak awal. Dengan memiliki peta wilayah kita jadi lebih mengerti tentang lokasi sekitarnya, jarak tempuh dan jalur alternatifnya.

Simpan nomor-nomor telepon penting

Jangan anggap sepele yang satu ini, catat dan simpan nomor telepon seperti polisi, ambulans, rumah sakit setempat.

Ramah pada alam sekitar

Sesampai ditujuan hendaknya berlaku baik pada siapa dan apa saja yang kita jumpai, sebab keberadaan Anda tetap sebagai tamu. Bukan hanya kepada manusia saja tapi juga pada seisi alam baik tumbuhan, hewan atau batu sekalipun. Ini sangat penting untuk keselamatan, apalagi bagi yang berlibur di alam bebas.

Beraktifitas sesuai rencana

Walaupun sedang berlibur bukan berarti Anda boleh larut oleh asiknya tempat dan waktu, sebaiknya berlibur sesuai rencana, karena akan mempengaruhi anggaran dan perbekalan yang disipakan sebelumnya.

Mencicipi kuliner setempat

Pasti Anda sudah merencanakan biaya makan, tidak ada salahnya Anda mencoba masakan khas daerah setempat. Kadang dari makanan khas tersebut justru membuat liburan Anda mendapat kesan mendalam.

 Jangan lupa oleh-oleh

Yang satu ini juga pasti sudah dianggarkan, belilah souvenir menarik untuk buah tangan orang di rumah atau sahabat. Tidak perlu mahal yang penting perhatiannya.

Dokumentasikan kegiatan Anda

Sudah lazim ketika berlibur alat perekam seperti kamera, handycam atau handphone yang memiliki fitur perekam menjadi sahabat perjalanan kita. Anda akan menyesal sekali kalau alat yang satu ini sampai tertinggal di rumah.

Patikan kembali dengan selamat

Hmmm….. setelah asik kesan kesini akhirnya Anda harus kembali ke “peradaban” semula. Yang harus diperhatikan, waspada dan hati-hatilah dalam perjalanan pulang, biasanya kondisi Anda saat itu sudah mulai menurun dan letih. Bagaimana… mudah bukan merencanakan sebuah liburan ? jadi, tunggu apalagi segera rencanakan liburan Anda, jika tak ingin repot ada baiknya mengikuti paket wisata.

Selamat berlibur …..

Leave a Reply

Your email address will not be published.